Sabtu, 29 Oktober 2011

Diet Murah Cegah Diabetes dengan Metformin

SEBAGAI obat generik, metformin ternyata cukup cost-effective untuk mencegah diabetes tipe 2 pada mereka yang berisiko tinggi. Hasil analisis ekonomi terbaru menyatakan hal tersebut. Yang mengejutkan, perubahan gaya hidup dengan diet dan olahraga sebagai cara lain pencegahan ternyata memiliki biaya tinggi, meskipun hasilnya lebih bagus. Rasio antara biaya versus manfaat setara dengan intervensi pengobatan lainnya seperti pengobatan hipertensi.
Menurut penelitian yang didanai National Institutes of Health ini, dalam 10 tahun, metformin lebih hemat 30 dolar AS sementara perubahan gaya hidup menghabiskan biaya 1.500 dolar AS per orang. Dr James Meigs, dokter ahli epidemiologi dan peneliti diabetes dari Massachusetts General Hospital di Boston mengaku tersihir dengan temuan ini.
Menurut Meigs, temuan ini bisa merevolusi guideline tentang intervensi pada populasi berisiko tinggi. Meigs, yang tidak terlibat dalam penelitian, berbicara dalam pertemuan American Diabetes Association, di San Diego.
Hasil analisis ekonomi ini keluar setelah dilakukan penelitian selama tujuh tahun. Selama lebih 10 tahun menggunakan metformin, ditemukan penurunan peluang diabetes hingga 18% pada pasien risiko tinggi. Intevensi dengan perubahan gaya hidup mengurangi risiko hingga 34 persen.

0 komentar:

Posting Komentar